Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix seharga $ 9 miliar
Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix

Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix seharga $ 9 miliar atau sekitar 131 Triliun Rupiah. Bisnis memori Intel mencakup semua solid-state drive, flash NAND, yang semuanya akan dimiliki raksasa memori Korea Selatan secara bertahap hingga tahun 2025. Intel telah setuju untuk menjual bisnis chip memori NAND ke SK Hynix seharga $ 9 miliar. Dalam kesepakatan semua-tunai yang akan mendorong pembuat chip Korea Selatan itu ke posisi kedua dalam peringkat global.

Kesepakatan itu diumumkan di ruang redaksi Intel pagi ini untuk kami, orang Inggris, dan menguraikan apa yang akan beralih ke pabrikan NAND selama beberapa tahun ke depan. Bisnis Intel NAND SSD, termasuk karyawan dan IP terkait; fasilitas fabrikasi NAND di Dalian, Cina akan menjadi yang pertama ditransfer. Dengan imbalan pembayaran $ 7 miliar, diharapkan pada tahun 2021 setelah persetujuan. Setelah itu, IP yang terkait dengan desain dan pembuatan wafer flash NAND, karyawan R&D, dan tenaga kerja pabrik Dalian akan ditransfer setelah menerima $ 2 miliar akhir pada tahun 2025.

Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix seharga $ 9 miliar

Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix seharga 9 miliar dolar
Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix seharga 9 miliar dolar

Langkah ini menandai upaya terbaru raksasa chip AS untuk mendivestasi bisnis non-intinya. Menjauh dari industri chip NAND komoditas yang mudah menguap, dan fokus pada bisnis memori Optane yang tersisa, yang lebih kecil tetapi lebih menguntungkan karena memanfaatkan teknologi yang lebih maju.

Kesepakatan tersebut akan membantu SK Hynix mengambil alih Kioxia di pasar memori NAND sambil mempersempit kesenjangan dengan pemimpin pasar Samsung. Analis mengatakan ketegangan AS-China mungkin telah memengaruhi keputusan Intel untuk menjual pabrik memori flash NAND di China. Langkah tersebut dilakukan sebulan setelah Kioxia membatalkan penawaran umum perdana yang direncanakan di tengah ketidakpastian pasar.

Saya bangga dengan bisnis memori NAND yang telah kami bangun dan yakin kombinasi ini dengan SK Hynix akan menumbuhkan ekosistem memori untuk kepentingan pelanggan, mitra, dan karyawan,” kata Bob Swan, CEO Intel. “Bagi Intel, transaksi ini akan memungkinkan kami untuk lebih memprioritaskan investasi kami dalam teknologi yang berbeda di mana kami dapat memainkan peran yang lebih besar dalam keberhasilan pelanggan kami dan memberikan keuntungan yang menarik bagi pemegang saham kami.”

“Transaksi ini akan memungkinkan kami untuk lebih memprioritaskan investasi kami dalam teknologi yang berbeda,” kata CEO Intel Bob Swan dalam sebuah pernyataan.

“Meskipun lingkungan kompetitif di sekitar kami tidak mudah, kami telah membuat keputusan yang berani untuk membuka jalan bagi lompatan kami menuju mengamankan posisi yang kokoh dalam bisnis NAND seperti di DRAM,” presiden dan CEO SK Hynix Lee Seok-hee berkata dalam sebuah pernyataan. Intel menjual bisnis chip NAND kepada SK Hynix dapat dana segar untuk invest ke prosesor sepertinya. Dikarenakan AMD mulai mengejar intel di bisnis prosesor.

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.